Cara Mengirim dan Menjual Barang Ke Luar Negeri

21 Sep

Bagaimana Caranya mengirim barang dari Luar Negeri ke Indonesia

Sebenarnya saya sendiri belum pernah mencoba mengirimkan barang ke luar negeri, tetapi setidaknya tulisan ini bisa membantu sobat2 untuk mengetahui trik aman dan efektif jika ingin mengirim barang ke luar negeri.

Seorang rekan pernah mencoba mengirimkan barang dari China ke Surabaya. Mungkin karena tidak terbiasa dengan sistem bea cukai, teman saya ini mengira barang bisa dikirim seperti layaknya pengiriman barang di dalam negeri. Ternyata tidak!

Begitu barang tersebut tiba di Kargo Surabaya, barang itu ditahan bea cukai karena dianggap melanggar ketentuan import Barang. Akhirnya dengan susah payah selama 1 minggu teman saya ini mengurus surat menyurat barang tersebut sampai akhirnya bisa keluar. Tapi barang yang harganya kira-kira 12 jt itu, akhirnya bisa keluar setelah dia membayar berbagai pajak dan cukai sebesar 8 jt rupiah. Nyaris seharga barang itu sendiri.

Lain cerita seorang rekan yang mencoba mengirimkan barang dari Amerika ke Indonesia. Dia ingin mengirimkan PS2 miliknya untuk adiknya karena kebetulan dia sudah punya yang lebih bagus. Pengiriman dilakukan melalui pos dan begitu sampai di Surabaya, sekali lagi pihak bea cukai mengklaim terjadi pelanggaran pengiriman barang.

Akhirnya adik teman saya itu harus membayar ‘pajak’ sebesar 350 rb untuk PS2 tersebut.  Dari seorang rekan lain yang sering menerima pengiriman barang dari luar negeri, dia menyarankan untuk pengiriman barang dilakukan melalui FORWARDER. Dia punya sebuah FORWARDER langganan di Singapore sehingga setiap kiriman, dikirimnya ke Singapore, baru dilanjutkan ke Surabaya. Katanya lebih gampang karena barang sudah langsung sampai di rumah tanpa kita harus mengurus bea cukai.

Cara Menjual Barang Keluar Negeri

  1. Langkah awal adalah anda WAJIB BERBAHASA INGGRIS.
  2. Kemudian anda harus buat website tentang toko online anda, yang berisikan segala macam yang bersangkutan dengan produk yang anda buat. anda juga harus meminta kepada webmaster(pembuat situs web)anda agar dibuatkan koneksi ke berbagai kartu pembayaran, seperti visa mastercard. INI HARUS!!! karena pembeli akan sulit percaya jika anda meminta mereka untuk mengirim pembayaran ke no rek. bank tertentu, atau western union.(pembayaran semacam ini dipungut biaya yang lumayan besar)
  3. Anda harus memberi tahu alamat website anda kepada dunia. anda bisa lakukan itu di yahoo chatting, masuk ke forum business.anda ketik toko anda, misal: http://www.indonesianhandycraft.com. atau anda bisa masuk kedalam forum-forum bisnis yang lain, anda masuk ke yahoo search ketik bussiness forum, lalu anda masukan kesemua forum yang anda dapatkan. anda juga dapat melakukannya dengan bergabung kedalam forum lintas negara, misal travelchina.net. atau anda juga dapat daftar dan mengiklankan website anda ke berbagai lini iklan gratis,
    seperti www.pondokiklan.net, www.iklanbaris.com.  jangan khawatir,  di dalam lini situs iklan2 gratis, terdapat banyak link ke iklan gratis lainnya, baik untuk dalam negeri ataupun luar negeri.
  4. Pada saat jam kantor, anda harus online terus. kalau mau sukses,sebisa mungkin, online 24 jam(anda tetap tidur, tetapi, email anda tetap online.anda belum tahu kapan pembeli akan datang, dan kapan waktu yang tepat untuk memberi jawaban kepada pembeli.jadi, pada saat anda bangun, anda bisa merespon dengan cepat.
    waktu di seluruh dunia tidak sama).atau anda dapat memberi informasi di website anda tentang jam buka toko online anda, tentunya harus disesuaikan dengan perbedaan waktu di seluruh dunia(anda bisa konsultasi dengan webmaster anda) kalau mau murah anda harus membeli blackberry(semacam handphone seharga Rp 6.500.000),lalu anda cukup bayar Rp 200.000,- untuk berlangganan internet, dan anda bisa online 24jam. INI PENTING UNTUK TOKO ONLINE!!! lihat contoh, http://www.stompersboots.com
  5. Mengirim apapun keluar negeri termasuk kedalam ekspor.baik itu retail ataupun dalam jumlah yang besar.  Anda bisa kirim lewat DHL,TIKI jne post, kantor pos setempat yang cukup besar, atau melalui agen pengiriman lokal yang lain di tempat anda, anda tidak perlu memakai legitimasi CV ataupun PT, yang anda harus lakukan adalah membawa barang tersebut ketempat yang saya telah sebutkan diatas, lalu membayar biaya kirim. Dalam mengirim barang, perlu diperhatikan ASURANSI BARANG yang akan mereka berikan apabila barang anda hilang atau rusak. Ini penting!!! jangan lupa memberikan alamat pengiriman yang jelas berikut nomor telepon si pembeli.
  6. Selanjutnya  anda harus cek setiap pengiriman yang anda lakukan, kapan tiba di tangan pembeli, dan tanya bagaimana kondisi barangnya (melalui e-mail lebih murah)
  7. Selalu tawarkan produk yang baru kepada konsumen yang pernah membeli produk anda.
  8. Bersiaplah untuk membuat legitimasi usaha anda, baik dalam bentuk CV ataupun PT.
  9. Anda harus memiliki link di beacukai (ini mempermudah proses pengiriman dalam jumlah besar)
  10. Selalu update informasi terbaru pada website anda dan jalankan bisnis anda dengan profesional
About these ads
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: