Jenis Pengiriman Barang Berdasarkan Moda Transportasinya

21 Sep

Jasa Pengiriman Barang – Ketepatan waktu hantaran adalah salah satu yang paling krusial dalam memilih jasa kargo. Ketepatan waktu sangat dipengaruhi oleh moda transportasinya. Urutan transportasi terbaik berdasarkan ketepatan waktu adalah sebagai berikut :

Transportasi via udara atau pesawat terbang adalah perusahaan jasa kargo yang mengkhususkan diri untuk memberikan service pengiriman lewat pesawat terbang. Ketepatan waktu jenis layanan ini cukup bisa diandalkan, kecuali pada momen momen liburan seperti Lebaran, Tahun Baru dan Natal. Karena pada situasi peak season seperti itu, biasanya airlines overload, sehingga mengurangi performa service cargo. Moda transportasi jenis ini tarif pengirimannya paling mahal.

jasa pengiriman barang

Transportasi via kereta express adalah perusahaan jasa kargo yang mengkhususkan diri untuk memberikan service pengiriman lewat kereta express (kereta Argo Anggrek dan Kereta Express Bima). Kedua kereta tersebut sebenarnya adalah kereta penumpang express, yang dilengkapi dengan satu gerbong barang di belakang. Ketepatan waktu jenis layanan ini cukup bagus, karena ketepatan jadwal kereta express selama ini bisa diandalkan. Kelemahan dari layanan ini adalah ababila ada kecelakaan kereta, sehingga bisa dipastikan akan ada keterlambatan barang.

Transportasi via Kereta Parcel (kereta barang). Bedanya dengan kereta express adalah, bahwa kereta ini sama sekali tidak ada gerbong penumpang. Jadi, seluruh gerbongnya adalah gerbong barang. Kendalanya hampir mirip dengan kereta express.

Transportasi via truk, sering disebut sebagai trucking. Yaitu suatu jasa kargo yang memanfaatkan jasa truk untuk pengiriman barang. Kargo jenis ini performa ketepatan waktu kurang bagus, karena sangat tergantung oleh man power (sopir), armada truk, dan kepadatan di jalan raya.

Transportasi via kapal cargo adalah transportasi menggunakan jasa kapal kargo atau sering disebut menggunakan kontainer. Performa tentang kecepatan dan ketepatan waktu adalah paling rendah. Walaupun begitu moda transportasi ini memiliki tarif jasa pengiriman barang paling murah, dibandingkan ke empat moda transportasi di atas.

Jadi tentukan pilihan yang tepat untuk pengiriman barang Anda

%d bloggers like this: