Kiat Tepat Menggunakan Jasa Angkutan Barang

21 Sep

Ketika kita membutuhkan jasa cargo service atau jasa Angkutan Barang, atau ketika akan kirim barang, kita dihadapkan oleh beberapa pilihan yang terkadang cukup membingungkan. Tidak hanya karena banyaknya jasa ekspedisi saja, namun juga menyangkut service, harga, ketepatan waktu hantaran, jenis transporter, dan lain hal yang terkesan membingungkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita gunakan sebagai rujukan sebelum kita memutuskan untuk memilih jasa cargo.

1. Ketepatan dan ketepatan waktu hantaran

Transporter via udara atau pesawat terbang adalah perusahaan jasa cargo yang mengkhususkan diri untuk memberikan service pengiriman lewat pesawat terbang. Ketepatan waktu jenis layanan ini cukup bisa diandalkan, kecuali pada momen momen liburan seperti lebaran, tahun baru dan natal. Karena pada situasi pick season seperti itu, biasanya airlines overload, sehingga mengurangi performa service cargo / ekspedisi angkutan barang. Moda transportasi jenis ini tariff pengirimannya paling mahal.

Transporter via kereta express adalah perusahaan jasa cargo /ekspedisi angkutan barang yang mengkhususkan diri untuk memberikan service pengiriman lewat kereta express (kereta argo anggrek dan kereta express bima). Kedua kereta tersebut sebenarnya adalah kereta penumpang express, yang dilengkapi dengan satu gerbong barang di belakang. Ketepatan waktu jenis layanan ini cukup bagus, karena ketepatan jadwal kereta express selama ini bisa di andalkan. Kelemahan dari layanan ini adalah ababila ada kecelakaan kereta, sehingga bisa dipastikan akan ada keterlambatan barang.

2. Garansi

Ada baiknya seorang pelanggan sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa Angkutan Barang meminta penjelasan tentang garansi yang bisa diberikan perusahaan tersebut berkenaan dengan barang kiriman. Telponlah customer service untuk meminta penjelasan tentang hal hal berikut ini :Garansi ketepatan waktu, yaitu permintaan garansi apa yang bisa diberikan jasa cargo berkenaan dengan ketepatan waktu yang dijanjikan. Hal ini penting, karena garansi waktu sangat terkait erat dengan moda transportasi yang digunakan, dan biaya kirim.

3. Service

Sebelum mengirim barang dengan cara ekspedisi angkutan barang, hal lain lagi yang perlu dipahami menyangkut service dan teknis pengiriman barang, diantaranya adalah sebagai berikut :

Door to door, adalah jenis layanan cargo / ekspedisi angkutan barang dimana pelanggan tinggal telepon ke jasa cargo dan mereka akan pick up (mengambil barang) untuk di teruskan ke kota tujuan dan delivery ke alamat yang dimaksud. Service ini paling enak bagi pelanggan, namun biaya yang ditimbulkan (tariff) paling mahal.

4. Spesialisasi

Spesialisasi juga merupakan salah satu factor yang harus diperhatikan sebelum menentukan jasa cargo /ekspedisi barang. Ada beberapa perusahaan yang mengkhususkan diri pada penggunaan jenis transporter tertentu.

5. Harga

Biasanya harga adalah factor penentu dari kelima factor diatas. Untuk itu perlu sekali dianalisa tentang ketepatan waktu dan moda transportasi apa yang paling tepat untuk disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Kalau anggaran melimpah, mungkin kiriman via udara adalah alternatif yang baik. Sementara itu, kalau ingin melakukan evisiensi, maka cargo via darat dan kereta adalah jawabannya.

%d bloggers like this: