Tips Memulai Usaha Franchise

7 Oct

Memulai Usaha Franchise

Memulai Usaha FranchiseMemulai Usaha Franchise

Untuk memulai usaha atau bisnis memang diperlukan pemikiran dan perhitungan yang matang, dengan harapan agar usaha atau bisnis kita maju dan berkembang. Kita mungkin telah membaca banyak kisah-kisah sukses seseorang dalam memulai dan membangun sebuah usaha, juga fakta bahwa banyak perusahaan besar multinasional yang saat ini telah begitu besar dan maju dulunya diawali oleh sebuah usaha sederhana yang dijalankan dengan susah payah, namun dengan kegigihan dan usaha yang pantang menyerah sehingga sekarang ini mereka menjadi sebuah perusahaan besar dengan omset milyaran bahkan trilyunan rupiah.

Bisakan kita seperti mereka? Memulai usaha dari nol hingga menjadi besar? Tentu bisa, namun berhasil atau tidaknya usaha yang kita jalankan ditentukan oleh banyak factor yang semakin komplek yang tentunya berbeda setiap waktu dan zaman. Banyak cara dilakukan orang untuk memulai usaha, ada yang benar-benar berusaha dari nol, mereka mencari ide sendiri untuk usaha atau bisnis yang mereka jalankan, namun bagi kita yang lebih mencari aman dalam memulai sebuah usaha tentu akan memilih jenis usaha yang lebih terjamin tingkat keberhasilannya, bukan apa-apa, kebanyakan kita mungkin belum memiliki modal yang cukup besar untuk memulai usaha, sehingga modal yang ada harus dimanfaatkan dengan tepat, seefektif dan seefisien mungkin agar usaha dapat terus berjalan dan tidak berhenti ditengah jalan karena kehabisan modal.

Banyak sekali jenis usaha offline yang cukup aman untuk kita jalankan, salah satunya  adalah dengan membeli dan menjalankan sebuah usaha franchise. Kita semua tentu sudah memahami bahwa memulai usaha franchise berarti kita membeli lisensi dari sebuah produk barang atau jasa, usaha atau bisnis untuk kita jalankan dalam sebuah ikatan perjanjian atau kontrak, sedangkan system bagi hasil atau pembagian laba antara pemegang merek dagang atau usaha dengan kita selaku pembeli yang menjalankan sebuah usaha franchise terkadang berbeda antara franchise yang satu dengan lainnya. Walaupun merupakan jenis usaha yang cukup aman, namun untuk memulai usaha franchise tentu saja ada hal-hal penting yang perlu kita perhitungkan.

Hobi

Hobi atau kesenangan kita pada sesuatu merupakan factor yang harus menjadi bahan pertimbangan bagi kita dalam menentukan dan memulai usaha apapun, termasuk memulai usaha franchise, sebab prinsipnya jika usaha yang kita jalankan sesuai dengan hobi maka akan lebih memotivasi dan menyemangati kita untuk terus menjalankannya, kita tidak cepat bosan dengan usaha yang kita jalankan.

Modal (dana awal yang tersedia untuk memulai usaha)

Modal dapat menjadi titik tolak untuk menentukan skala usaha franchise yang akan kita jalankan. Sekarang ini banyak sekali jenis dan macam usaha franchise, tidak hanya berdasarkan jenis produk atau jasa yang dijual, berdasarkan modal awal atau harga franchise juga ada banyak variannya, mulai dari franchise yang berharga ratusan bahkan milyaran rupiah sampai yang berharga tidak sampai lima juta rupiah. Kita dapat memilih jenis usaha franchise sesuai modal dan kemampuan untuk membiayai usaha franchise yang akan kita jalankan.

Pangsa Pasar

Setiap orang yang memulai usaha tentu berharap mendapatkan keuntungan yang lumayan, paling tidak keuntungan yang diperoleh dapat memutar roda usahanya untuk terus berjalan. Untuk itulah sebaiknya kita melakukan riset pasar, membandingkan antarasupply and demand atau perbandingan antara volume ketersediaan barang atau jasa dengan volume permintaan atau kebutuhan yang harus dipenuhi, dan tentu saja kita seharusnya menjual produk barang atau jasa yang kebutuhannya dimasyarakat sekitar lokasi usaha cukup tinggi namun ketersediaan barang/jasa tersebut dipasaran belum mampu memenuhi kebutukan masyarakat, atau paling tidak pangsa pasar untuk produk yang kita jual masih ada meskipun harus bersaing dengan competitor, tinggal bisa-bisanya kita mengatur strategi marketing.

Lokasi

Apapun jenis usahanya, lokasi mempunyai andil untuk menciptakan peluang bagi sebuah usaha untuk maju dan berkembang. Pandangan umum mengatakan bahwa kita harus memilih lokasi yang tepat terlebih dulu untuk memulai usaha, namun dapat juga kita balik, kita dapat memilih jenis usaha yang tepat sesuai lokasi atau tempat yang sudah kita miliki. Tak masalah, yang penting lokasi usaha kita cocok dengan jenis usaha yang kita jalankan.

Hal-hal diatas saya rasa perlu kita pertimbangkan sebelum kita menentukan jenis usaha franchise yang akan kita jalankan, jangan hanya tergiur dengan perkiraan perhitungan keuntungan yang akan kita dapatkan, sebab seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa saat ini banyak sekali jenis usaha franchise yang ditawarkan, dari yang sebesar mall sampai hanya sebuah gerobak dorong, dari yang menawarkan kebutuhan lengkap sampai yang menawarkan seporsi burger atau segelas es dawet, ada juga yang berupa mini market dan akan terus tumbuh franchise-franchise baru setiap saat. Bagi kita yang akan memulai usaha franchise tetapi tidak mempunyai informasi yang lengkap tentang franchise, tidak perlu khawatir, kita dapat mencari informasi secara lengkap melalui mdia online/internet. Kumpulkanlah informasi sebanyak-banyaknya dan selengkap-lengkapnya sebelum memutuskan untuk memulai usaha franchise.

%d bloggers like this: